PARA WANITA TERGABUNG DALAM TIM YEPE MELAKSANAKAN EKSPEDISI GUA DI PACITAN

cfgkcvhgkcfk

PARA WANITA TERGABUNG DALAM TIM YEPE MELAKSANAKAN EKSPEDISI GUA DI PACITAN

YEPE Tim Pendaki Gunung dan Penjelajah Alam berusia 47 tahun asal Malang telah melaksanakan ekspedisi gua di Pacitan yang bertajuk Woman Expedition YEPE. Kegiatan ini adalah penjelajahan tiga gua yang ada di kawasan Pacitan yaitu Luweng Ombo, Luweng Musuk, dan Luweng Jaran.

Tajuk Woman Expedition diambil karena para ekspeditor yang terdiri dari tiga orang semuanya adalah perempuan. Tujuan dari ekspedisi ini adalah memberikan output positif yang berbentuk data kajian terhadap potensi wisata minat khusus di Pacitan.

Lebih rinci kegiatan ini tidak hanya berbentuk penjelajahan dalam gua untuk melihat keindahannya melainkan juga ada kajian aspek pariwisata, teknis, dan sosial budaya untuk melihat kesiapan masyarakat setempat terkait dengan di kemasnya gua-gua tersebut menjadi destinasi wisata khusus.

cfhkcfhkcfhk

PARA WANITA TERGABUNG DALAM TIM YEPE MELAKSANAKAN EKSPEDISI GUA DI PACITAN

Data-data ini nantinya akan di sampaikan ke pemerintah daerah Pacitan sebagai bahan pertimbangan pemerintah daerah. Melihat potensi Pacitan yang menyandang gelar sebagai kota 1001 gua, dalam pandangan YEPE sudah saatnya untuk diamati lebih lanjut terkait pemanfaatan gua sebagai salah satu wisata minat khusus di Jawa Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 01 sampai 20 Mei 2017 dengan tiga penjelajah utama yaitu Ika Diandra (22) yang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Negeri Malang, Marselia (24) yang tengah belajar di Universitas Brawijaya dan Khoirika (22) dari Universitas Negeri Malang, disertai beberapa tim pendukung.

Profil ketiga gua yang dijelajahi adalah gua vertikal yang hanya bisa di akses menggunakan alat khusus. Untuk mencapai tiga gua ini digunakan teknik vertikal. Setiap ekspeditor sudah dibekali pengetahuan mengenai teknik ini oleh para konsultan dan pelatih yang berpengalaman.

“Untuk selanjutnya sebagai proses Publikasi kami dari YEPE akan mengadakan road show di beberapa kota. Salah satu output yang menarik dan patut dinantikan adalah hasil penjelajahan dan juga film pendek penjelahan gua. Kami juga mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dari berbagai pihak hingga kegiatan ini sukses,” kata Khoirika.

Leave a Reply

